PD Agro Madear Belajar ke PUD Pasar Medan Tentang Sistem Penerapan Pasar

Jajaran Direksi Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pasar Kota Medan menerima kunjungan Direksi PD Agro Madear Simalungun, Rabu (24/5/2022). Kedatangan rombongan PD Agro Madear disambut oleh Dirut PUD Pasar Medan Suwarno didampingi Dirops Ismail Pardede, Dirkeu/Adm Fernando Napitupulu, dan Dirbang/SDM Imam Abdul Hadi.

Rombongan PD Agro Madear Simalungun dipimpin langsung oleh Direktur Umum dan Pemasaran Axel Sudi Jaya Saragih didampingi Analis Kebijakan Perekonomian Bagian Perekonomian Sekretariat Kabupaten Simalungun Dra. Masta Saragih dan Staf Bagian Perekonomian Erni Kiki Marietta Purba. Kehadiran PD Agro Madear ke PUD Pasar Medan untuk belajar sistem penerapan pasar agar dapat diterapkan di Simalungun

Dirut PUD Pasar Medan Suwarno menyampaikan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan dari PD Agro Madear Simalungun. “Semoga saling berbagi pengetahuan tentang pengelolaan pasar ini dapat menumbuhkan kolaborasi antar-instansi dan antar-daerah,”kata Swarno.

Sementara itu, Axel menjelaskan terkait dengan kehadirannya ke PUD Pasar Medan. Axel mengatakan bahwa kehadiran pihaknya untuk belajar tentang sistem penerapan pasar dan sistem pembentukan awal pendirian perusahaan daerah untuk bisa diterapkan di Simalungun. “Karena PD Agro Madear ini masih baru di bawah kepemimpinan Bupati Simalungun Bapak Radiapoh Hasiolan Sinaga,”ucapnya.

Kemudian, Axel menyampaikan bahwa, Kabupaten Simalungun saat ini sedang melakukan tahapan pembangunan pasar yang salah satunya pasar induk di kawasan Simalungun. “Sebagai badan pengawas, kami perlu belajar di Medan dalam hal ini PUD Pasar,”jelas Axel.

Menurut Axel, PD Agro Madear masih dalam tahapan proses untuk bagaimana membangun sebuah pasar induk untuk menampung hasil komoditi para petani yang ada di wilayah Simalungun. “Jadi, kami hadir di PUD Pasar untuk belajar sistem dan aturan terkait pendirian pasar karena merupakan barometer utama di Sumatera Utara,”sebutnya.

Sementara itu, Dirops PUD Pasar Medan Ismail Pardede menjelaskan pihaknya membawahi Pasar Induk Lau Cih di Medan Tuntungan. Dimana Pasar Induk Lau Cih merupakan sentra utama penopang PUD Pasar Medan selain Pusat Pasar Medan dan pasar lainya.

Lebih lanjut Ismail menjelaskan bahwa Pasar induk Lau Cih merupakan pusat utama penjualan buah, sayur mayur dan rempah yang berasal dari wilayah Tanah Karo, Tarutung, hingga pulau Jawa untuk dijual ke seluruh wilayah pasar di Medan. Sebelum dibangun, pedagang di Pasar Induk Lau Cih merupakan perpindahan dari kawasan Jalan Seram, Medan.

PD Agro Madear Belajar ke PUD Pasar Medan Tentang Sistem Penerapan Pasar

IMG-20220525-WA0050
IMG-20220525-WA0053
IMG-20220525-WA0051
IMG-20220525-WA0052
IMG-20220525-WA0050 IMG-20220525-WA0053 IMG-20220525-WA0051 IMG-20220525-WA0052

“Jadi dari kawasan Pulau Jawa seperti buah naga dan lainnya sudah ada karena di Pasar Induk Lau Cih ini ada sentra grosir, eceran dan ke depan akan dibangun cold stroge untuk menstabilkan harga,” sebutnya.

Dari sisi pendirian, sambung Ismail, PD Pasar Medan seluruhnya diawali dari Pemko Medan dengan berpedoman aturan kepada Badan Pengawas yang berada di bawah Sekda. “Peran legislatif juga dibutuhkan untuk penerapan berbagai aturan,”urainya.

Loading

error6
fb-share-icon0
Tweet 20
fb-share-icon20